jump to navigation

Pantaskah ??? January 19, 2009

Posted by Molin in Uncategorized.
trackback

Awal tahun 2009 di bulan Januari disambut dengan musim hujan. Air yang beratnya berjuta-juta ton turun dari langit melukiskan karya besar dari Sang Maha Kuasa. Subhanallah….

Di awal 2009 ini juga diwarnai oleh banjir dimana-mana, longsor, kapal tenggelam, dan yang paling perih adalah duka saudara-saudara kita di Palestina yang hingga kini dizhalimi oleh Zionis Israel.

Begitu banyak email-email, berita baik di koran dan di televisi yang mengabarkan agresi Israel ke Palestina dan derita saudar2 kita di Palestina. Kemarin sore aku membaca note seorang temanku di Facebook tentang Palestina. Ada sebuah komentar dari seseorang yang tidak kukenal. Komentar yang menyedihkan dengan kata lain menyalahkan Tuhan atas segala cobaan ini. Astaghfirullah….

Bukankan kita sepantasnya berfikir atau introspeksi diri dan bersama-sama berdoa agar cobaan ini segera berakhir. Aku pernah mendapatkan sebuah artikel dari seorang teman disaat aku memang sedang mencari petunjuk untuk menghilangkan kegelisahan hati, mencoba mencari jawaban dari pertanyaan2 yang memang tidak puas klo hanya mengandalkan logika.

Artikel itu berjudul Janganlah Berburuk Sangka Kepada Allah. Mudah2an sharing dari artikel tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.

Segala Sesuatu Diciptakan Dengan Hikmah

Perlu kita ketahui bahwa Allah menciptakan segala sesuatu pastilah mengandung hikmah yang agung dan tidak dalam rangka kesia-siaan. Allah SWT berfirman yang artinya

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah (hanya sia-sia saja). Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka…” (As – Shood : 27).

Termasuk ketika Allah memberikan manfaat (kebaikan) atau suatu mudhorot (musibah) pada seseorang atau suatu kaum, pastilah ada hikmahnya yang sangat dalam. Oleh karenanya, kita harus selalu berhusnuzhon (berprasangka baik) terhadap segala sesuatu yang telah ditetapkan Allah kepada hamba2Nya agar kita termasuk orang yang beruntung.

Rahasia dibalik Musibah

Tidaklah Allah menimpakan sesuatu musibah kepada para hambanya yang Mu’min kecuali untuk 3 hal :

  1. Mengangkat derajat bagi orang atau kaum yang tertimpa musibah, karena kesabarannya terhadap musibah yang telah ditetapkan Allah SWT.
  2. Sebagai cobaan bagi dirinya atau kaumnya.
  3. Sebagai pelebur dosa, atas dosanya yang telah lalu.

Jangan Berburuk Sangka Kepada Allah

Sikap berburuk sangka merupakan sikap orang-orang jahiliyah, yang merupakan bentuk kekufuran yang dapat menghilangkan atau mengurangi tauhid seseorang. Perlu untuk diketahui bersama, berprasangka buruk kepada Allah dapat terjadi pada tiga hal :

  1. Berprasangka bahwa Allah akan melestarikan kebatilan dan menumbangkan Al Haq (kebenaran). Hal ini sebagaimana persangkaan orang-orang munafik.
  2. Mengingkari Qadha’ dan Qadar Allah yaitu menyatakan bahwa ada sesuatu yang terjadi di alam ini yang di luar kehendak Allah dan takdir Allah.
  3. Mengingkari adanya hikmah yang sempurna dalam takdir Allah..

Jadi tidak sepantasnya kita marah bahkan menyalahkan Allah atas segala cobaan yang diberikan olehNya. Jadikanlah ajang introspeksi diri untuk naik kelas selanjutnya. Memang semua itu tidaklah mudah karena membutuhkan proses dan waktu.

Allah tidak mungkin menzhalimi hambanya, kita sendiri yang menzhalimi diri kita sendiri karena Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang🙂

artikel diambil dari http://www.muslim.or.id

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: